MENYONGSONG SEMESTER GENAP 2020/2021

Mengawali kegiatan pembelajaran jarak jauh atau PJJ hari pertama Senin, 04 Januari 2021, Bapak Kepala Sekolah memberikan Sambutannya kepada para siswa SMAN 1 Gombong. Adapun sambutannya seperti rekaman di atas sebagai berikut:

Assalamu’alaikum warahmatullohi wabarokatuh

Yang kami hormati bapak dan ibu guru SMA Negeri 1 gombong

Yang kami hormati pula seluruh tenaga kependidikan di SMA Negeri  Gombong

Anak-anakku semua kelas x, xi dan xii yang saya cintai dan saya banggakan…

Salam sehat dan semangat pagi……

Alhamdulillahhirobbil ‘alamiin… puji syukur marilah senantiasa kita panjatkan ke hadirat  illahi atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kita hingga sampai detik ini kita masih dalam keadaan sehat. Mudah-mudahan jauh dari covid-19 dan bisa menjalankan kewajiban-kewajiban kita sebagaimana mestinya. Tidak bosan-bosannya saya secara pribadi mendoakan semoga anak-anak, keluarga kita, teman-teman kita dan saudara-saudara kita selalu dalam lindungan allah swt dan dijauhkan dari pandemi covid-19

Anak-anakku siswa siswi sma negeri 1 gombong yang saya banggakan…

Hari ini adalah hari pertama kita masuk sekolah di semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. Yang pertama saya sampaikan selamat memasuki tahun baru 2021 dengan harapan mudah-mudahan ke depan kita selalu mendapatkan kesuksesan, kebahagiaan dan Ridho Allah SWT… aamiin…

Tahun baru biasanya diisi dengan dua hal penting, yang pertama refleksi, renungan atas ikhtiar dan kinerja kita selama setahun ke belakang, kebaikan apa yang telah kita perbuat untuk diri dan lingkungan kita dan tentu saja kelemahan dan kekurangan apa yang bisa kita perbaiki dan benahi di masa yang akan datang. Refleksi menjadi penting untuk bahan intropeksi diri sehingga perbuatan, iktikad, ikhtiar, target-target yang sudah kita canangkan  dan hal hal baik lainnya  menjadi barometer untuk kita lanjutkan atau justru harus kita revisi bila kurang relevan.

Hal kedua yang biasanya kita lakukan di awal tahun baru adalah membuat resolusi baru. Resolusi adalah bagian dari rencana hidup yang biasanya disusun saat tahun baru tiba.  Resolusi adalah sebuah harapan baru atau impian dari setiap individu ketika mereka memasuki tahun baru baik tahun baru hijriyah ataupun tahun baru masehi agar lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, dan banyak sekali resolusi yang sudah ada di benak setiap orang yang pastinya resolusi tersebut berbeda satu dengan yang lain. Saya berharap anak-anak memiliki resolusi baru terkait dengan prestasi di sekolah ini sekaligus menjadi bagian dari kesuksesan bersama SMA Negeri 1 Gombong.

Anak-anak..

Sebagaimana kita tahu bersama bahwa pandemi covid-19 sampai detik ini belum mereda. Bahkan transmisi dari individu ke individu lain masih tinggi. Kebumen/Jawa Tengah hari ini masih zona merah. Oleh karenanya melalui surat edaran Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah, pembelajaran di semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 masih harus berlangsung secara online/pjj meskipun sebenarnya pemerintah pusat melalui kemendikbud sudah mengijinkan pembelajaran tatap muka. Tentu saja, jujur saya katakan saya sudah ingin sekali kita belajar secara normal seperti dulu lagi. Tetapi kondisi memang masih belum memungkinkan. Namun demikian saya percaya anak-anak masih bisa menjaga tekad dan semangatnya untuk senantiasa belajar dan belajar terus apapun kondisinya demi menatap asa dan cita-cta di masa datang. Ingat moto kita di jawa tengah di masa pandemi ini adalah “ora tau ketemu tetep sinau”.  Mari kita jaga dengan penuh upaya agar moto ini senantiasa tetap menyala dan tentu akan mengawal kita melewati masa masa sulit ini dengan penuh keberhasilan.

Untuk anak-anak kelas xii…

Pesan bapak, waktu kalian bersekolah di SMA Gombong sudah tidak lama lagi. Tinggal sekitar 5 bulan saja. Tolong manfaatkan betul waktu yang tinggal sedikIt ini untuk kebaikan kalian. Belajar keras, belajar fokus dan belajar serius. Tiga hal ini harus kalian lakukan demi cita-cita kalian. Jalur SNMPTN bagi yang berkesempatan mendaftar sudah mulai dibuka masing-masing jurusan 40 persen. Jadi untuk jurusan MIPA ada 80 siswa, jurusan IPS41 dan BAHASA 14 anak. Silahkan konsultasi dan komunikasi dengan guru BK agar kalian selalu update data. Sedangkan untuk anak-anak yang lain ketika ingin melanjutkan ke perguruan tinggi maka mau nggak mau harus berjuang keras untuk mendapatkan nilai UTBK setinggi tingginya agar potensi diterima di perguruan tinggi pilihan makin terbuka. Usaha keras, doa yang banyak, taat pada orang tua dan guru, hindari melanggar tata tertib sekolah dan sesering mungkin berbuat kebaikan. Insya Allah kalian akan sukses dan mendapat tempat terbaik sesuai cita-cita.

Untuk anak-anak kelas x dan xi..

Terus semangat dan jangan bosan meskipun harus sehari-hari di depan laptop atau hp kalian. Ikuti petunjuk dan arahan guru masing-masing, kerjakan tugas dengan tekun dan jangan lupa selalu konsultasi dengan Wali Kelas atau BK ketika ada kendala atau masalah di pjj. Masalah apapun harus diselesaikan. Bapak tidak ingin mendengar kalian tidak ikut pjj gara-gara sinyal atau hp error atau alasan lainnya. Saya paham bahwa setiap anak punya masalah, tetapi saya juga yakin tidak ada masalah yang berakhir tanpa solusi. Sekolah selalu siap untuk berkomunikasi demi kebaikan semua siswa. Khusus kelas XI di awal maret nanti akan ada program pemerintah yang disebut dengan asesmen nasional (sebagai pengganti ujian nasional). Anak-anak tidak perlu kawatir karena ujian ini tidak menjadi penentu prestasi individu siswa melainkan menjadi indikator level sekolah. Semakin tinggi capaian hasil asesmen nasional suatu sekolah menunjukkan level sekolah, layanan sekolah dan kualitas sekolah yang semakin baik. Nanti pada saatnya akan saya informasikan lebih lanjut. Dan pada pertengahan bulan ini sekolah akan mengadakan semacam uji coba asesmen nasional khusus bagi kelas XI semua jurusan dengan model tes online. Mudah-mudahan ini akan menjadi pengalaman yang berharga untuk kelas XI sehingga pada saat asesmen sesungguhnya nanti di bulan maret anak-anak sudah lebih siap.

Untuk anak-anak kelas X…

Mohon maaf dengan terpaksa kalian belum bisa ketemu secara langsung dengan guru-guru kalian dan belajar di sekolah. Ini hanya masalah waktu. Yang jelas kalian sudah menjadi anak-anak SMA Negeri 1 gombong. Bagian dari keluarga besar sekolah yang besar tidak hanya dari sisi kuantitas tetapi juga kualitas. Tetap semangat dan jaga terus martabat dan level sekolah kita. Saya yakin kalian kelak akan menjadi salah satu bagian dari kesuksesan kita ….

Tetap semangat anak-anak

Tetap sehat…

Dan sukses untuk semuanya…

Wasalamu’alaikum warahmatullohi wabarokatuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *