Sejarah

SEJARAH SMA N I GOMBONG
Bulan Agustus adalah bulan yang penting bagi SMA N I Gombong, karena dibulan inilah SMA N I Gombong berdiri, tepatnya di tanggal 16 Agustus 1965. Namun penerimaan siswa SMA N I Gombong dimulai pada bulan juni 1963, itulah sebabnya mengapa usianya menjadi 56 th, karena terhitung mulai tahun 1963 sudah menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar dengan nama SMA Dipersiapkan Negri. Nama besar SMA N I Gombong ini tidak dengan serta merta begitu saja diperoleh, harus melewati perjalanan panjang dan berliku. Demikian pula dengan proses berdirinya, tidak juga dengan serta merta lansung berdiri tetapi harus melewati jalan panjang nan berliku dan berkelok.
Berikut akan dipaparkan sejarah singkat SMA N I Gombong.
A. Kronologi Berdirinya
Pada bulan februari 1963 tiga tokoh masyarakat gombong yaitu Bp. Suwarso (pengusaha bus Prawarsa), Bp. S. Suripto, BA(Advokat) dan Bp. Pitoyo Susilo (pendidik) memprakarsi pendirian SMA N I Gombong dengan tujuan agar warga masyarakat Gombong dan sekitarnya dapat minikmati pendidikan yang lebih tinggi tanpa harus pergi ke kota lain, sehingga biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat dapat ditekan. Gagasan tersebut terbentur peraturan pada saat itu, yaitu di tingkat kecamatan tidak boleh berdiri SMA Negeri, sehingga diambil nama “SMA DIPERSIAPKAN NEGERI GOMBONG”.
Pada bulan Maret 1963 dibentuklah panitia pendiri SMA Dipersiapkan Negri Gombong sebagai berikut :

  1. Pelindung : Wedono Gombong (Bp. Ali Kusno)
  2. Ketua Umum : Camat Gombong (bp. Samsudin)
  3. Ketua I : Bp. S. Suripto, BA (Advokat)
  4. Ketua II : Lettu Supeno (Dan POM Gombong)
  5. Ketua III : AKP Wartam (Ka Polsek Gombong
  6. Ketua IV : Bp. Suwarso (pengusaha Bus Prawarsa)
  7. Sekretaris I : Bp. Pitoyo Susilo (pendidik)
  8. Sekretaris II : Bp. Suyatno
  9. Bendahara I : Bp. Sumardi (pengusaha bus Eka Jaya)
  10. Bendahara II : Bp. Warsiman (pengusaha POM Bensin)
  11. Seksi Usaha : Bp. Suseno Miharjo
  12. Anggota : Bp. Soepeno
    Bp. Toekiran
    Bp. Soedir
    Bp. Samsudin
    Pendirian SMA Dipersiapkan Negeri Gombong ini tidak lepas dari peran serta aktif banyak pihak yaitu pejabat seperti Wedono, Camat, Ka polsek serta DAN POM Gombong, pengusaha-pengusaha Gombong seperti pengusaha bus Eka Jaya, bus prawarsa, bus mulyo, bus estu, pengusaha rokok siluman, rokok sintren, rokok pen dan rokok relly serta tokoh masyarakat gombong.
    Pada bulan April 1963 tiga orang panitia yaitu Bp. Samsudin, Bp. Suripto dan Bp. Pitoyo Susilo mengahadap Dinas P dan K Kebumen untuk mengajukan izin operasional SMA Dipersiapkan Negri Gombong. Bulan Juni 1963 surat izin operasional dari Dinas P dan K Kabupaten Kebumen turun, maka segera dibentuk panitia penerimaan siswa baru. Untuk pertama kalinya penerimaan siswa baru berjumlah 65 siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Selanjutnya pada tanggal 16 Agustus 1965 SMA Dipersiapkan Negri Gombong secara resmi menjadi SMA Negeri I Gombong dengan No.SK Pendirian : 095/S/B/III/ K.65 Tanggal 16 Agustus 1965. Tanggal inilah yang selanjutnya diperingati sebagai hari lahir SMA N I Gombong tercinta kita ini setiap tahunnya.
    B. Periodesasi Perkembangan SMA N I Gombong
  13. Periode tahun 1963-1965
    Masa ini bernama SMA Dipersiapkan Negeri dengan kepala sekolah Bp. Suripto,S.H dengan jumlah dewan guru dan karyawan terdiri dari 10 orang yaitu S. Suripto,BA., Slamet,BA., Susilo Suparto,BA., Sutarjo,BA., Sucipto,BA, Rusminah Suripto, Garwati Sunarto, Kuwat Budiman, Parjono (Ka TU) dan Suyatno (staf TU). Gedung Tempat Belajar berlokasi di dukuh kendal growong, kelurahan Wonokriyo dengan meminjam gedung KWN (Kawula Naluri) Gombong. Siswa angkatan pertama berjumlah 65 dan ditahun 1964 berkembang menjadi 150 siswa dan 300 siswa pada tahun 1965. Honorariun Guru dan Karyawan besarnya tidak menentu, bahkan sebagian honornya dibayar dengan beras. Guru-guru yang berstatus mahasiswa harus pulang pergi Yogyakarta-Gombong dengan mendapat bantuan transportasi gratis dari perusahaan bus eka jaya, prawarsa, mulyo dan estu. Masa ini lah perjuangan menegrikan SMA Dipersiapkan Negeri dilakukan dan berhasil dengan turunya SK pendirian dari Dinas P dan K tertanggal 16 agustus 1965
  14. Periode 1965-1967
    Kepala sekolah tetap yaitu bp. Suripto, S.H jumlah murid terus berkembang sehingga kekurangan ruang kelas. Maka dilakukanlah perjuangan untuk menempati SD/SMP NUSAJAYA yang dibubarkan pemerintah yang sekarang beralamat di jalan sempor lama no 64 Gombong. Perjuangan ini berhasil terwujud sehingga SMA N Gombong menempati dua lokasi yaitu Gedung KWN di wonokriyo dan bekas gedung NUSAJAYA di Semanding
  15. Periode 1967-1976
    Masa ini kepala sekolahnya adalah Bp. Soeparyadi Cokrodimedjo,BA. Sarana pendidikan mulai berkembang misalnya mulai ada laboratorium, perpustakaan dan alat kesenian. Tambahan guru dan karyawan makin banyak, jumlah siswa bekembang menjadi 665 pada tahun 1975. Dan ditambah pula lokal kelas di gedung timur, serta tercatat juga pembangunan musola disusut tenggara gedung timur
  16. Periode 1976-1980
    Masa ini kepala sekolahnya adalah Bp. Subayo,BA.pada masa ini tercatat SMA N I gombong mendapat bantuan dari pemerintah tambahan lokal 6 buah, peningkatan laboratorium, buku paket matematika dan tambahan guru-guru. Jumlah siswa meningkat enjadi 800 siswa
  17. Periode 1980-1993
    Pada awal tahun pelajaran 1980/1981 Ibu Koesiptijah, BSc. Menggatikan Bp. Subagyo menjadi kepala sekolah SMA N I Gombong. Beliau tercatat sebagai kepala sekolah perempuan satu-satunya di SMA N I gombong sampai tahun 2019 ini. Pada masa ini lulusan SMA dibekali sertifikat mengetik dan pengetahuan komputer dan terjadi peningkatan jumlah siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri tanpa tes maupun melalui jalur tes.
  18. Periode 1993-sampai sekarang
    Periode ini dimulai dengan Bpk Slamet Prawiroatmodjo sebagai kepala sekolah menggantikan Ibu Koesiptijah, dan selanjutnya secara berturut turut digantikan oleh beliau Bapak Drs. Slamet Siswadi, Bapak Drs.Bambang Hudrayanto Nasa, Bapak Drs. Gunawan, Bapak Drs. Karyono,M.Pd.,Bapak Drs. Kunnaji, Bapak Drs. Eko Sutanto, Budi Rianto, S.Pd.,M.Pd, dan untuk saat ini SMA N I Gombong dipimpin oleh beliau Bapak Drs. Eko Mujiyono,M.M.
    Dalam periode ini SMA N I Gombong terus berbenah diri mewujudkan visi dan misinya dengan tujuan menjadi semakin lebih baik dari waktu ke waktu, terbukti banyak prestasi yang sudah dicapai oleh SMA N I Gombong baik tingkat kabupaten, propinsi bahkan tingkat nasional.