Visi Misi

VISI, MISI, DAN TUJUAN
SMA NEGERI 1 GOMBONG


A. Visi
BERTAKWA,UNGGUL DALAM MUTU, BERAKHLAK MULIA, MANDIRI
DAN BERWAWASAN GLOBAL

Indikator ketercapaian visi di atas adalah sebagai berikut.
BERTAKWA
 Memiliki keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
 Memiliki keyakinan yang kuat terhadap agama yang dianut, dan menghormati orang
yang mempunyai keyakinan berbeda
 Memiliki kesadaran untuk mendalami ajaran agama yang dianut
 Aktif dalam melaksanakan ibadah sesuai ajaran agamanya dengan melaksanakan
perintah dan menjauhi larangan-Nya
 Bertanggung jawab terhadap peningkatan pengamalan ajaran agama kepada masingmasing pemeluknya


UNGGUL DALAM MUTU :
 Memiliki keunggulan komparatif dalam mutu akademis ditandai dengan tingginya
perolehan nilai Ujian dan banyaknya alumni yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri
maupun Perguruan Tinggi Swasta terakreditasi A dengan tingkat keberhasilan
menyelesaikan jenjang pendidikan tinggi dengan baik (tepat waktu dan IP tinggi)
 Memiliki keunggulan kompetitif dalam mutu non akademis ditandai dengan prestasi di
bidang Olah Raga dan Seni dengan meraih juara dalam beberapa event kejuaraan di
tingkat Kabupaten, Propinsi. dan Nasional
 Memiliki keunggulan komparatif dalam ketrampilan dan penguasaan Ilmu
Pengetahuan dan Tekhnologi sesuai dengan perkembangan jaman.
 Memiliki keunggulan dalam karakter dan kultur yang mendukung pengembangan diri
dan aplikasi nilai-nilai sosial budaya yang dikembangkan di sekolah.


BERAKHLAK MULIA :
 Memiliki dan menunjukkan perilaku yang baik, sopan dan ramah dalam kehidupan
di rumah, di sekolah dan di masyarakat dengan dilandasi oleh nilai-nilai agama yang
dianut dan budaya/karakter bangsa yang berlaku.
 Memiliki dan menunjukkan kepekaan terhadap lingkungan alam, sosial dan budaya
yang ada di sekitarnya.
 Mengembangkan dan melaksanakan kebiasaan hidup yang baik dan sehat serta
berdisiplin sebagai aplikasi ilmu yang diperoleh.
 Mengembangkan dan melaksanakan hubungan yang harmonis, saling menghormati
dengan dilandasi oleh nilai-nilai kasih sayang, kebersaman dan kekeluargaan.2
MANDIRI :
 Memiliki rasa tanggung jawab dalam upaya pengembangan dirinya, untuk
kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.
 Mempunyai inisiatif dan mandiri, berpartisipasi dalam memberikan solusi atas
masalah yang dihadapi oleh dirinya sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.
 Percaya diri dengan dilandasi oleh kesadaran akan kemampuan dan potensi dirinya
 Berani berkompetisi secara sehat
 Berani mengemukakan pendapat
 Berani mengambil keputusan
 Ulet dalam mengusahakan peningkatan kompentesinya demi kemajuan dan
keberhasilan dalam mencapai tujuan.


BERWAWASAN GLOBAL :
 Memiliki kesadaran terhadap adanya saling ketergantungan dan perbedaan di antara
masyarakat sebagai dasar untuk hidup bersama yang saling menghormati
 Memiliki keteguhan sikap terhadap perubahan yang terus menerus dari waktu ke
waktu
 Memiliki sikap saling menghormati terhadap perbedaan kultur diantara masyarakat
dunia atau kelompok-kelompok dalam masyarakat.
 Memiliki kemampuan untuk menghindarkan diri dari konflik yang di sebabkan
adanya keterbatasan dan perbedaan.

B. Misi

  1. Menumbuhkembangkan penghayatan terhadap ajaran agama serta budaya dan karakter bangsa
    sehingga terbentuk manusia dengan kepribadian dan perilaku luhur.
  2. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan efisien, dengan memanfaatkan
    dukungan dokumen kurikulum dan teknologi pembelajaran seperti penggunaan Teknologi
    Informasi.
  3. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok
    kepentingan yang terkait pengembangan sekolah
  4. Menumbuhkembangkan semangat keunggulan kepada seluruh warga sekolah.
  5. Menerapkan filosofi “ ING NGARSA SUNG TULADHA, ING MADYA MANGUN
    KARSA, TUT WURI HANDAYANI”
  6. Melaksanakan pembelajaran yang dapat membekali siswa dengan keunggulan kompetitif di
    bidang ;
    a. Ilmu-ilmu dasar
    b. Penguasaan IMTAK dan IPTEK
    c. Kemandirian dan berwawasan global
  7. Mendorong dan membantu siswa untuk mengenali dan mengembangkan potensi dirinya..

C. Tujuan

  1. Membentuk peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  2. Meningkatkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianut.
  3. Membentuk peserta didik yang memiliki pengetahuan, ketrampilan dan menguasai teknologi
    yang memadai untuk dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, serta mampu meraih
    prestasi akademik optimal sesuai kemampuan, minat dan bakatnya.
  4. Membentuk peserta didik yang disiplin, berkepribadian, berbudi pekerti luhur, menghormati
    orangtua, guru dan sesama, serta mencintai tanah air dan lingkungannya.
  5. Membentuk peserta didik yang memiliki wawasan luas dalam segala bidang, dan memiliki
    kecakapan hidup yang memadai untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara.
  6. Meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan bimbingan konseling berdasarkan prinsip
    pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dengan pendekatan
    kontekstual sesuai Standar Proses.
  7. Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sesuai Standar Pendidik dan
    Tenaga Kependidikan.
  8. Menerapkan pendidikan kecakapan hidup secara integratif dan tersendiri dalam rangka
    meningkatkan ketrampilan siswa.
  9. Menerapkan pendidikan karakter secara integratif, melalui ekstrakurikuler, dan terpadu dalam
    pengelolaan pendidikan untuk membentuk akhlak mulia
  10. Menyiapkan lulusan yang mampu melestarikan budaya jawa.
  11. Membentuk peserta didik yang mandiri dan bertanggung jawab dalam pembangunan diri,
    masyarakat, bangsa dan negara.
  12. Membentuk peserta didik yang mampu menumbuhkembangkan kecerdasan emosional dan
    spiritual.
  13. Menyiapkan lulusan yang memiliki ketrampilan berbahasa Inggris secara aktif.
  14. Menerapkan pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global.